TNI Angkatan Darat Jamin Transparansi Pengelolaan Keuangan, Aplikasi SIPTL BPK RI Diluncurkan

TNI Angkatan Darat

TOPMETRO.NEWS – TNI Angkatan Darat, guna menjamin transparansi dalam pengelolaan keuangannya secara resmi memberlakukan Sistem Informasi Pemantauan Tindak Lanjut (SIPTL) BPK RI. Kebijakan itu diluncurkan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak M.Sc. di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Kamis 1 Februari 2024.

Launching penggunaan aplikasi SIPTL di seluruh jajaran TNI AD ini, sekaligus menandai dimulainya Grand Entry Meeting Pemeriksaan Terinci Laporan Keuangan Unit Organisasi (UO) TNI Angkatan Darat Tahun 2023 oleh Tim BPK RI, yang dipimpin oleh Pimpinan I BPK RI, Nyoman Adhi Suryadnyana, S.E., M.E., M.Ak., CSFA.

baca pula | Hari Pertama Kerja, Kapolres Madina Temui Ulama

Kasad menyampaikan bahwa BPK RI sebagai lembaga auditor negara, selama ini telah banyak membantu TNI Angkatan Darat dalam hal pelaporan keuangan, sehingga TNI AD menjadi unit organisasi yang transparan dan akuntabel.

“Saat ini progress terkait pelaporan pertanggungjawaban anggaran atau keuangan di TNI Angkatan Darat (TNI AD), peningkatannya cukup baik. Semoga komunikasi yang baik antara BPK RI dengan TNI AD dapat terus berjalan dengan baik, sehingga pelaporan pertanggungjawaban keuangan Angkatan Darat sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku,” harap Kasad.

baca pula | Polri Jamin Netralitas dalam Pemilu, Ini yang Jadi Pedoman

Merespons hal itu, pimpinan I BPK RI menyampaikan apresiasi ke Kasad dan jajaran TNI Angkatan Darat atas komitmennya menyelenggarakan pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel.

Hadir pula dalam peluncuran aplikasi itu, Irjenad, para Asisten Kasad, Kepala Badan Pelaksana Pusat (Kabalakpus) jajaran Angkatan Darat, sementara para Pangkotama TNI AD mengikuti kegiatan itu secara virtual melalui video conference.

baca pula | Senandung dari Tapanuli untuk Prabowo Gibran Meriah, Ketum HBB Ungkap Alasan Tegak Lurus ke Jokowi

Senandung dari Tapanuli untuk Prabowo Gibran 2024 yang digelar HBB (Horas Bangso Batak) berlangsung cukup meriah dan meninggalkan kesan. Seribuan orang menghadiri acara dan terlihat ‘hanyut’ dalam nuansa Batak yang ‘kental’.

Acara itu sendiri berlangsung di Cafe Mulia, Kebun Nanas, Jakarta, Jumat (2/2//2024). Menurut ‘programmer’ acara Feber Manalu, kegiatan melibatkan ratusan artis dan seniman Tapanuli se-Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi).

Tampak hadir di lokasi acara, perwakilan TKN, Mangapul Silalahi SH (Wakil Komandan TKN Golf), Ketua Umum DPP HBB Lamsiang Sitompul SH MH, dan lainnya.

Pada kesempatan itu, Lamsiang Sitompul yang khusus datang dari Medan, mengungkapkan alasan, mengapa tegak lurus kepada Jokowi sekaligus menetapkan dukungan kepada Paslon Nomor Urut 02.

Salah satunya adalah soal infrastruktur yang menurutnya sangat terasa manfaatnya bagi masyarakat. “Tahun 2000-an kalau Lebaran dari Jakarta ke Surabaya bisa sampai berhari bermalam karena macet. Banyak orang yang menderita sampai ada yang meninggal. Tetapi dengan adanya jalan tol semuanya jadi lebih cepat, lebih murah, dan lebih aman,” urainya.

“Saya hari itu dari Jambi ke Palembang, sudah sebentar sampai di Jakarta. Nanti akan tersambung tol lintas Sumatera di Medan sendiri sekarang sampai Pematang Siantar. Tentu kita maunya juga sampai ke Toba sampai ke Tarutung,” lanjut Lamsiang.

reporter | dpsilalahi
asl1

Related posts

Leave a Comment